Monday, July 29, 2013

Petunjuk Cara Mendapatkan Status Bintang 3 ke Status Bintang 4 NUPTK padamu negeri






Pada postingan kali ini, saya akan berbagi kepada anda semuanya tentang cara mencetak Surat Tanda Bukti Pemeriksaan Berkas PTK (S04a) dan Surat Pakta Integritas PTK (S07a) yang nantinya akan ke langkah selanjutnya mendapatkan status bintang 4. Hal ini berguna untuk menambah wawasan dalam para admin sekolah jug PTK yang masih bingung/belum paham caranya dalam memperoleh status bintang 4 pada proses NUPTK padamu negeri.

Bagaimanakah caranya mendapatkan status bintang 3 ke status bintang 4 NUPTK ?
simak baik-baik di bawah ini.

Alur/cara mendapatkan status bintang 4 yaitu Setelah PTK mengisi angket EDS (evaluasi diri sekolah) dan mengisi data rinci, maka PTK bisa langsung ke tahapan cetak dengan mengklik Setuju dan Cetak Ajuan, maka akan keluar S03a (SURAT PENGAJUAN VERVAL Lv.2 NUPTK). Setelah itu serahkan surat S03a ke operator sekolah/admin sekolah, beserta berkas yang harus di lengkapi oleh PTK pada surat S03a tersebut, seperti di bawah ini :



Bersama surat ini saya lampirkan:

1 Copy Ijazah (selain SD dan ijazah terakhir)
1 Copy SK CPNS/PNS
1 Copy SK Golongan Terakhir
1 Copy SK Penempatan Tugas
1 Copy SK Penugasan Mengajar dalam 5 tahun terakhir
1 Copy Sertifikat Profesi Pendidik


Bagi petugas Admin sekolah yang sudah menerima Surat Pengajuan Verval Lv.2 PTK serta meneliti berkas yang diajukan PTK, admin sekolah langsung melakukan login sekolah dan buka menu Verifikasi & Validasi. Kemudian Klik menu Entri Pemeriksaan Berkas PTK yang bersangkutan tersebut.

Lalu Setelah petugas Admin Sekolah mengklik tulisan Entri Pemeriksaan Berkas,  maka akan muncul tampilan Verifikasi Level 2 Pendidik & Tenaga Kependidikan,.
Verval NUPTK Level 2 merupakan proses akhir verval NUPTK di tingkat Sekolah. Dan nama PTK yang ada/muncul adalah PTK yang sudah mendapatkan/mencetak surat S03a.

langkah selanjutnya adalah Klik nama PTK tersebut,  maka terbuka Biodata PTK, silahkan di cek ulang dengan seksama. Apabila biodata PTK tersebut sudah betul,  silahkan tekan tombol lanjut (sebelah kanan bawah).
Setelah Data Rinci PTK sudah benar, maka silahkan tekan tombol lanjut.
kemudian yang muncul adalah tampilan Kelengkapan Berkas. silahkan centang kotak kelengkapan berkas. kemudian klik Cetak.

setelah anda sudah cetak Surat Tanda Bukti Pemeriksaan Berkas PTK (S04a) dan Surat Pakta Integritas PTK (S07a).   kemudian silahkan di isi data yang diperlukan.

Surat S04a ditanda tangani oleh petugas Admin sekolah sedangkan untuk Surat S07a ditanda tangani oleh PTK yang bersangkutan dengan ditempeli materai Rp.. 6.000,- serta ditanda tangani juga oleh kepala sekolah.
Dengan tercetak surat S04a dan S07a, maka PTK tersebut sudah mendapatkan status bintang 3 (tiga).
Dan untuk memperoleh status bintang 4 (empat), maka surat S07a dan S04a harus di bawa ke petugas Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota.
Pemilik NUPTK wajib menyerahkan Pakta Integritas ke Dinas setempat agar NUPTK menjadi AKTIF untuk periode berjalan.


PTK yang bersangkutan juga harus menyertakan kartu identitas (KTP) untuk mendapatkan Validasi.
Setelah divalidasi oleh petugas Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota, maka NUPTK PTK tersebut sudah aktif dan bintangnya menjadi 4 (empat) di tahun 2013 ini.(permanen aktif).



Demikianlah postingan Petunjuk Cara Mendapatkan Status Bintang 3 ke Status Bintang 4 NUPTK padamu negeri.


Semoga bermanfaat.
Terima kasih atas kunjungan anda ke blog ...... angkasabaik.blogspot.com


9 comments:

  1. terima kasih atas postingannya.. ini sangat membantu saya....

    ReplyDelete
  2. pak, sy entri so3c untuk lanjut cetak so5c dan so7c, tp stelh terbuka data awal itu tdk bs lanjut cetak

    ReplyDelete
  3. Bagaimana kalau sampai tgl 30 september belum sampai bintang tiga?
    Mksh

    ReplyDelete
  4. pak, saya sudah bintang 4, tapi S03a saya hilang terus gimana caranya cetak ulang S03a?

    ReplyDelete
  5. pak, saya sudah bintang 4, tapi S03a saya hilang terus gimana caranya cetak ulang S03a?

    ReplyDelete
  6. silahkan cetak ulang S03a. login lewat operator/admin sekolah.
    Tapi web dari sananya beberapa hari ini tidak bisa dibuka. tunggu beberapa hari ke depan mungkin sudah bisa di buka web.padamu negeri tersebut

    ReplyDelete
  7. Pak, kenapa waktu saya mengisi eds siswa angketnya tidak muncul, apakah pengisian eds juga berpengaruh kepada verval kpala sekolah,, jika tidak bagaimana cara verval kepala sekolah, dimana langkah langkahnya,,, saya masih bingung. mohon dijawab dan terima kasih

    ReplyDelete
  8. apa bisa PTK yang masih *3 jadi *4 klw kepala sekolahnya sudah bintang 4 ( sudah keluar S025 )

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...